Jumat, 08 Februari 2019

Review Produk Teh: Dilmah Pure Camomile Flowers

Assalamualaikum Wr, Wb.

Kali ini saya kembali akan melakukan review salah satu produk teh yang cukup dikenal masyarakat (meski belum membumi seperti produk teh lokal), yakni Dilmah Pure Camomile Flowers: Infusion Mild and Aromatic. Seperti produk teh di review sebelumnya, yakni Lipton, Dilmah sebenarnya kurang begitu "merakyat" di golongan masyarakat umum, dikarenakan harganya cukup mahal untuk ukuran teh bagi masyarakat Indonesia. Akan tetapi, bagi masyarakat pecinta teh dan golongan menengah, produk ini sudah pasti familiar (di sini, saya masuk golongan pecinta teh, bukan golongan menengah, karena saya hanyalah mahasiswa pas pasan). Oh iya, review ini saya berikan secara netral dengan deskripsi dari sudut pandang saya sebagai penyuka teh. Jadi saya tidak akan memberikan penilaian secara angka, soalnya setiap produk selalu punya ciri khas yang tidak bisa diukur :).

Sebelum memasuki pembahasan yang lebih jauh, perlu diketahui bahwa Dilmah adalah produk teh dari Srilanka, jadi Indonesia memang impor teh ini dari sana sehingga harganya lebih mahal daripada teh lokal pada umumnya. Di Indonesia sendiri, harga Dilmah untuk lebih jelasnya bisa mengunjungi website resminya di Dilmah Tea Indonesia. Dan untuk teh Dilmah jenis Camomile yang akan saya review ini, dulu saya beli seharga Rp. 59.000. Ini adalah penampilan kemasan Dilmah Pure Camomile Flowers: Infusion Mild and Aromatic:

Kemudian di bagian atas kemasan terdapat prosedur penyeduhan agar mendapatkan rasa yang maksimal:

Baiklah sekarang langsung ke review saja ya,
Aroma
     Aroma yang keluar dari teh ini setelah diseduh menurut saya merupakan jenis aroma menenangkan yang khas. Saya sendiri belum pernah menghirup langsung aroma bunga Camomile, jadi saya tidak berani menyatakan bahwa aromanya mirip bunga Camomile. Yang jelas, aromanya soft harum dan manis, mirip sama aroma produk bayi yang bertuliskan Camomile. Secara umum saya menyukai aromanya, karena memang harum dan menenangkan. Cuma mungkin sebagian orang kurang menyukai aroma ini, karena aroma ini memang tidak umum untuk produk minuman/teh.

Warna
     Warna yang keluar dari minuman Infusion ini tentunya tidak sepekat warna teh pada umumnya. Sebenarnya saya bingung menyebut Dilmah Camomile ini teh atau bukan, sebab di kemasannya tertulis "Caffeine Free" dan di komposisinya tidak menyebut "tea leafs" atau semacamnya. Jadi kurang lebih sama lah ya dengan Lipton Peppermint di review sebelumnya, yakni infusion. Cuma untuk mempermudah penyebutan, saya akan menyebutnya teh. Hehehe. 

Oke, jadi balik lagi ke review warnanya, menurut saya kalau dilihat warnanya cenderung kuning jernih lah.seperti gambar ini (saya akan selalu menggunakan cangkir bening agar warna yang keluar terlihat lebih jelas):



Rasa
    Sekarang memasuki review rasa. Menurut saya rasa yang keluar ini cenderung lembut namun padat (tidak hambar meskipun tanpa gula). Ada rasa khas seperti aromanya. Namun, beberapa orang dekat saya cenderung kurang menyukai karena katanya aneh rasanya kalau dicampur gula, Jadi kalau terbiasa minum teh dengan gula, terus minum teh ini mungkin agak kaget, karena aroma dan rasanya memang bukan aroma dan rasa seperti teh pada umumnya, jadi khas. Saran saya, kalau ingin menikmati rasanya, hirup dulu dalam-dalam aroma teh Camomile ini, barulah pas masih hangat diminum, dan jangan dicampur gula, karena menurut saya, aroma teh ini tidak masuk kalau dicampur gula. 


Oh iya, sebagai penutup saya mau bilang kalau teh Camomile ini cocok untuk terapi insomnia. Heheh. Soalnya selain ini bebas kafein, aroma dan rasanya ini bener-bener bikin ngantuk dan relaks. Saya sendiri, sampai sekarang kalau pengen tidur waktu normal, pasti satu jam sebelum jam tidur saya menyeduh teh ini agar saya bisa cepet ngantuk. Jadi, ayolah coba produk teh yang tidak biasa di pasaran, salah satunya teh Camomile ini (mungkin hanya ada di kafe-kafe).

Sekian.

Wassalamualaikum Wr. Wb.


1 komentar:

  1. Suka dengan reviewnya, simple dan mudah dimengerti, lagi pengen beli chamomile krn pny asam lambung dan katanya bagus ya utk pencernaan

    BalasHapus