Kamis, 28 Maret 2013

Mencapai Bahagia







Kebahagiaan, apa sih kebahagiaan itu? Bagaimana cara merasakan kebahagiaan? Mengapa saya sulit merasa bahagia?
Mungkin pertanyaan itu sering muncul di pikiran kita. Memang kebahagiaan adalah sesuatu yang sangat diinginkan oleh setiap manusia. Dan saya sendiri tentu juga ingin bahagia, hehe. Namun manusia sendiri kebanyakan selalu merasa kurang bahagia, padahal pandangan orang lain terhadap dia adalah seseorang yang bahagia. Misalnya seorang artis, tentu kebanyakan orang beranggapan bahwa dia sangat bahagia. Padahal belum tentu artis itu merasa bahagia. Bisa saja artis itu beranggapan “lebih baik saya menjadi orang biasa saja”. Intinya mereka selalu berpikiran bahwa orang lain lebih beruntung dari dia, padahal setiap manusia itu ada baik dan buruk dalam kehidupannya.
Ada orang yang berkata “Aku benar-benar butuh kebahagiaan! Siapa yang jual kebahagiaan? Berapapun harganya akan aku beli!”. Dan saya pernah menanggapi ini dengan candaan, “Emang uangmu berapa? Sanggup belinya? Mahal lho harganya, hehe. Padahal saat itu saya juga benar-benar dalam keadaan butuh kebahagiaan. Lalu saya berpikir, bagaimana caranya agar saya bahagia. Dan setelah saya melakukan perenungan dan mencari inspirasi dari berbagai objek, akhirnya saya menyimpulkan bahwa kebahagiaan dapat diperoleh dengan cara:

1.) Bersyukur
Ini adalah kunci dalam memperoleh kebahagiaan. Dengan bersyukur kita akan merasa lebih baik. Karena perasaan kita mengenai “Andai aku jadi dia pasti aku bahagia” dan “Dia lebih beruntung daripada saya.” akan terkurangi. Dan yang dimaksud bersyukur disini adalah bersyukur dengan hasil dari usaha kita dan semua takdir Allah.
2.) Melakukan perenungan
Dengan melakukan perenungan, kita akan berusaha mencari penyebab dari perasaan tidak bahagia. Kemudian dalam melakukan perenungan Insya Allah kita bisa menemukan jalan keluar.

3.) Banyak membaca kata-kata motivasi
Dengan membaca kata-kata motivasi, Insya Allah akan ada efek positif untuk melakukan perubahan.

Mungkin hanya itu yang saya tahu. Karena ini merupakan hasil eksperimen saya. hehe

2 komentar: